Musikalisasi Puisi

     Musikalisasi puisi, mungkin hal ini udah ga awam di denger sama anak kelas 9 atau yang udah pernah menginjak kelas 9. Yang belum tau, musikalisasi itu, puisi yang di masuk-in ke dalam musik. Misalkan puisi karya siapa gitu, di masukin ke lagu orang, terus di nyanyiin. Itu namanya musikalisasi puisi.


     Udah ngerti? tapi jangan anggap remeh me-musikalisasi-in puisi.... soalnya asal tau aja ya, bikinnya tuh harus nge jaga lilin 3 hari 3 malem, mandi kembang 7 rupa 2 hari 2 malem, dan cuci tangan pake tanah. *boong* -_- pokoknya intinya susah pake bangetz pake Z deh! 

     Oke langsung aja. Hari ini, Sabtu 28 Januari 2012. Gue dan kelompok utusan guru bahasa Indonesia kelas 9 SMPN 2 Bogor atau akrab dipanggil Bu Lia menampilkan musikalisasi buatan kita.

*flashback*
     Kelompok gue, Tazli, Ratna, Amy, Imam, Farhan, dan gue sendiri. Musikalisasi ala bu Lia itu harus ada yang main alat musik, dan yang di tujukan adalan Tazli (gitar). inilah puisi yang gue dan amy buat.... eh edit maksudnya:


klik read more yaa xoxo

Dari puisi ini:

aku bicara perihal cinta - kahlil gibran

Apabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia,
Walau jalannya sukar dan curam.
Dan apabila sayapnva memelukmu menyerahlah kepadanya.
Walau pedang tersembunyi di antara ujung-ujung sayapnya bisa melukaimu.
Dan kalau dia bicara padamu percayalah padanya.
Walau suaranya bisa membuyarkan mimpi-mimpimu 
bagai angin utara mengobrak-abrik taman.
Karena sebagaimana cinta memahkotai engkau,
demikian pula dia 'kan menyalibmu.
Sebagaimana dia ada untuk pertumbuhanmu,
demikian pula dia ada untuk pemangkasanmu.
Sebagaimana dia mendaki kepuncakmu
dan membelai mesra ranting-rantingmu nan paling lembut
yang bergetar dalam cahaya matahari.
Demikian pula dia akan menghunjam ke akarmu
dan mengguncang-guncangnya di dalam cengkeraman mereka kepada kami.
Laksana ikatan-ikatan dia menghimpun engkau pada dirinya sendiri.
Dia menebah engkau hingga engkau telanjang.
Dia mengetam engkau demi membebaskan engkau dari kulit arimu.
Dia menggosok-gosokkan engkau sampai putih bersih.
Dia merembas engkau hingga kau menjadi liar
Dan kemudian dia mengangkat engkau ke api sucinya.
Sehingga engkau bisa menjadi roti suci untuk pesta kudus Tuhan.
Semua ini akan ditunaikan padamu oleh Sang Cinta,
supaya bisa kaupahami rahasia hatimu,
dan di dalam pemahaman dia menjadi sekeping hati Kehidupan.
Namun pabila dalam ketakutanmu
kau hanya akan mencari kedamaian dan kenikmatan cinta.
Maka lebih baiklah bagimu kalau kaututupi ketelanjanganmu
dan menyingkir dari lantai-penebah cinta.
Memasuki dunia tanpa musim tempat kaudapat tertawa,
tapi tak seluruh gelak tawamu, dan menangis,
tapi tak sehabis semua airmatamu.
Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri
dan tiada mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri.
Cinta tiada memiliki, pun tiada ingin dimiliki,
Karena cinta telah cukup bagi cinta.
Pabila kau mencintai kau takkan berkata,
“Tuhan ada di dalam hatiku,”
tapi sebaliknya, “Aku berada di dalam hati Tuhan”.
Dan jangan mengira kaudapat mengarahkan jalannya Cinta,
sebab cinta, pabila dia menilaimu memang pantas,
mengarahkan jalanmu.
Cinta tak menginginkan yang lain kecuali memenuhi dirinya.
Namun pabila kau mencintai dan terpaksa memiliki berbagai keinginan,
biarlah ini menjadi aneka keinginanmu.
Meluluhkan diri dan mengalir bagaikan kali,
yang menyanyikan melodinya bagai sang malam.
Mengenali penderitaan dari kelembutan yang begitu jauh.
Merasa dilukai akibat pemahamanmu sendiri tenung cinta.
Dan meneteskan darah dengan ikhlas dan gembira.


Dan di edit jadi gini:

Bila cinta memberi
i syarat ke padamu
ikutilah dia walau jalannya
kadang sukar dan kadang curam

apabila sayapnya
memelukmu menyerahlah
walau ada pedang tersembunyi
bisa melukaimu

kalau dia bicara pada mu percayalah
walau suaranya bisa mem buyarkan mimpi

bagai angin utara
mengobrak-abrik taman
karena sebagaimana cinta
bisa memahkotai engkau

smua ini ditunaikan
padamu oleh sang cinta
supaya bisa engkau pahami
rahasia hatimu

kalau dia bicara pada mu percayalah
walau suaranya bisa membuyarkan mimpi

ooh cinta tak berikan apa-apa kecua ali dirinyaa sendiri



nah habis itu, puisi ini di masukkin ke lagu bundanya Melly goeslaw. jadi yang asalnya:

click to enlarge

Jadi gini:

click to enlarge
Dan gue berfikir, mungkin gue bisa main orgennya. Biar gue jelasin sedikit, gue dulu kelas 2 SD emang pernah sempet les piano 2 tahun. Dan belum pernah mainin orgen ampe sekarang. Kunci yang gue inget tuh cuman C,G, danF. dan liat sendiri di lagu bunda itu kunci nya ada Am, Dm, Em -_- sepertinya susah.... Tapi, apa salahnya nyoba? buat nilai ini kan? B-) dan akhirnya gue pun belajar main orgennya..... walaupun  gue ga bisa se mahir yang profesional, yang penting akornya gue bisa deh -_-

     Setelah berlatih berhari-hari (ceilah lama banget -_-) akhirnya gue pun bisa yea yea yeaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!! ._.¬_¬ tapi gue ga biasa kalau main tanpa text, gue bisa langsung drop. Dan bodohnya gue ga latihan tanpa text wkwkwkwkwkwk

     Dan Tiba-tiba hari Jumat, si Tazli bilang dia gabisa main gitar -_- dia ga ngerti cara metik gitar.... gubrak ¬_¬ dan dia maksa udah orgen aja -________- sial sial sial

    Terus hari ini, gue bener2 deg-deg-an gemeter banget! gue takut banget salah..... Soalnya gue juga ga banyak latihan hihihihihihi dan kelompok gue dapet bagian kedua dari terakhir..... suatu keajaiban dari Allah banget ~(u,u~) ~(u,u)~ (~u,u)~

     Dan akhirnya gue pun maju............... dan aaAaaaAAAaAAaAAaa gue bisa... walaupun banyak salah tapi gue bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ohyea!


Makasih amy udah nyuport gue pas kita pura2 ke toilet biar ngulur waktu :*:*:* alu padamu deh muah






Comments

Popular posts from this blog

Monopoli

23231001♥ <:-p

Eza gionino